BERKELINDAN

Menelusuri yang tak teramati

Tentang #Selusur

#Selusur adalah sebuah gerakan kerja kolaboratif yang diinisiasi oleh lima jurnalis di Sulawesi Utara: Ainur Rofik, Fandri Mamonto, Marshal Datundungon, Neno Karlina dan Ronny Buol.

Kelimanya bersepakat mendorong sebuah gerakan untuk kerja-kerja eksploratif terhadap berbagai isu lokal yang jarang disentuh oleh aktifivitas jurnalistik secara umum.

#Selusur bukanlah sebuah lembaga, sehingga tak ada hierarki struktur organisasi. Ini semata-mata merupakan sebuah gerakan semangat belajar, untuk menelusuri berbagai hal yang bisa dibagi kepada khalayak.

#Selusur idealnya adalah ruang diskusi, namun memilih persoalan yang dihadapi masyarakat sebagai laboratoriumnya, sebelum kegelisahan-kegelisahan itu disodorkan ke ruang publik.

 

Karena yang menginisiasi adalah jurnalis, tentu yang disodorkan ke ruang publik adalah karya jurnalistik. Pun, jika ada yang perlu didalami sesudah publikasi itu disebar, diskusinya dalam koridor kemaslahatan masyarakat dan dalam rangka meningkatkan kapasitas tim #Selusur.

Sejatinya #Selusur adalah gerakan terbuka, sebuah #KelasInspirasi yang melapangkan ruang-ruangnya bagi siapa saja yang ingin berbagi dan ingin belajar.

Di #Selusur, kami bersepakat menanggung semua kerja dalam satu irama derap langkah, yang jika pun ada irama lain, itu bagian dari upaya harmonisasi penyamaan visi.

Misi #Selusur sederhana: “Lewat kerja kolaboratif, jurnalis tak sekedar menulis berita, tetapi menelusuri lebih jauh kehidupan masyarakat, budaya dan alamnya”.

ALTERNATIF DI TENGAH JENGAH

FEATURE

Sajian liputan dengan pendekatan storytelling, mengedepankan sisi humanis.

INVESTIGASI

Menelisik hingga ke akar masalah, mengingatkan demi perbaikan yang lebih baik.

TELAAH

Menganalis isu yang sedang hangat dengan pendekatan jurnalistik.

INDEPTH

Mengejar hingga ke pusat masalah, menyajikan agar publik tercerahkan.

DATA

Story tak sekedar cerita, tapi fakta yang berdasarkan data yang terbantahkan.

ATMA

Hidup adalah seni dan dengan itu kita memaknai semesta.

TIM #SELUSUR

Kegundahan pada kehidupan membuat satu-satunya perempuan di Selusur.id terus mengugat kehidupan. Tapi dengan itu dia terus berkiprah.
Bertarung di negeri orang tak membuatnya kehilangan jati diri. Terus bertanya untuk menjawab setiap gelisahnya.
Pemulung informasi yang menyukai fotografi. Kesana-kemari demi menyembuhkan diri.
Pembelajar yang tak pernah puas. Membidik yang sering diabaikan. Kegelisahannya berbuah karya jurnalistik mendalam.
Tak pernah percaya dengan sodoran angka statistik pemerintah, membuatnya terus mengobok-obok setiap klaim yang dipublikasi.